Rabu, 15 Juli 2015

SANGGAR TARI BETAWI SETIA WARGA: PRESTASI INTERNASIONAL



  
Selain memiliki seni pertunjukkan Topeng Betawi yang menggabungkan unsur tari, musik dan teater, Sanggar Setia Warga membawahi Sanggar Tari Betawi. Sanggar Tari Betawi ini dipimpin oleh Caswanah atau biasa disapa Wana. 


Wana merupakan cucu pertama almarhum H. Bokir, anak dari Idi Kushandi (anak pertama H. Bokir). Wana mewarisi ilmu tari dari kakeknya. "Sejak umur 4 tahun sudah biasa menari, berteater dan nyanyi lagu-lagu Betawi. Engkong kalau melatih itu keras, disipilin. Kalau mau jadi penari mesti total, jangan tanggung-tanggung," ungkap Wana.

Keahlian menari yang total ini membuahkan hasil gemilang. Berbagai penghargaan tingkat internasional pernah di raihnya. "Tahun 1985 jadi penari terbaik dalam Festival Tari Internasional di Tunisia," bilang Wana. Yang menarik di bangku SMP, ia pernah dipercaya untuk melatih tari mahasiswa Trisakti. Beragam pertunjukkan tari (dengan bendera Sanggar Tari Setia Warga) diikuti Wana. Mulai dari mancanegara, seperti Seoul (Korea), Sidney (Australia), Moscow (Rusia), Jerman dan Malaysia.

Saat ini sanggar Tari Betawi Setia Warga memiliki banyak murid yang tersebar pada beberapa tempat, seperti di Depok, Marunda, Kemang, sekolah Santo Markus (Cililitan, Jakarta Timur) dan berbagai tempat lainnya.


SEKRETARIAT TOPENG BETAWI SETIA WARGA
Jl. C. RT001 RW02 No. 15
Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati
Jakarta Timur
Tlp. 081297795068  (Wana H. Bokir) 


Wana, pimpinan Sanggar Tari Betawi Setia Warga

Wana, bersama anak-anak dari Sanggar Marunda
Anak didik Wana, SMP Santo Markus, sukses jadi juara 1 lomba Tari Se-Jakarta Timur.


Wana, kedua dari kanan ketika menari di daerah Blok M, Jakarta Selatan

  

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar