Rabu, 15 Juli 2015

TENTANG TOPENG BETAWI SETIA WARGA



Topeng Betawi Setia Warga adalah sanggar seni asli Betawi yang didirikan oleh H. Muhammad Bokir (almarhum). Seni Topeng Betawi adalah pertunjukkan yang menggabungkan tari, musik dan teater. Saat ini sanggar Topeng Betawi Setia Warga dipimpin oleh Sabar/Sukriya yang merupakan anak dari H. Bokir.

H. Bokir belajar Topeng Betawi dari almarhum Jiun (orang tua H. Bokir). Menurut Caswanah (cucu H. Bokir), sebelum mendirikan Topeng Betawi Setia Warga, H. Bokir ikut grup Topeng Betawi bapaknya. "Dahulu sebelum kemerdekaan, Topeng Betawi itu biasanya ngamen keliling kampung. Dengan jalan kaki, keliling ke berbagai daerah seprti Tanjung Priuk, Bogor, Depok, dan lain-lain," ungkap Caswanah atau biasa disapa Wana. 

Topeng Betawi, biasanya diawali dengan pertunjukkan tari topeng tunggal. Dalam gerakannya, seorang penari mesti bisa memainkan 3 karakter topeng. Topeng pertama dengan kelir putih disebut panji yang mewakili gerakan seorang wanita yang lemah lembut. Topeng kedua dengan warna pink disebut samba, yang mewakili karakter genitnya seorang wanita. Topeng ketiga yang berwarna merah, diberi nama jingga, mewakili karakter pria yang gagah.

 "Enggak mudah menarikan tari dengan 3 karakter, mesti dengan penjiwaan yang penuh. Saya sendiri biasa membawakan tari topeng tunggal. Untuk bisa menarikan ini, saya dididik dengan disiplin yang keras oleh almarhum engkong. Sudah disuruh nari sejak umur 4 tahun," bilang Wana yang pernah menjadi juara Festival Tari Internasional Ke-III di Carthage, Tunisia (1985). 

 Setelah topeng tunggal, biasanya dilanjutkan dengan tari-tarian, seperti tari enjot-enjotan. "Saat ini untuk tari enjot-enjotan dibawakan oleh cucu dan cicit alrmahum engkong," bilang Wana yang tahun tahun 1986-1987 menjadi Juara Pertama Lomba Tari Remaja Wilayah Jakarta Timur.

Lalu, pertunjukkan dilanjutkan dengan lipet gandes yang berisi dengan bodoran/lawak dua orang. "Saat ini lipet gandes dibawakan oleh Sabar dan Herda (cucu H. Bokir) yang berpakaian penari Betawi," ujar Wana yang juga pandai merias penganten.

Puncak acaranya dilanjutkan dengan pertunjukkan teater. "Cerita dalam topeng Betawi itu biasanya mengangkat kisah kehidupan sehari-hari. Musik yang mengiringi terdiri dari gendang, rebab, gong, kecrek dan kenong," bilang Sabar dalam sebuah acara pertunjukkan Topeng Betawi di PRJ Kemayoran, Juni 2015.Biasanya durasi pertujukkan topeng, biasanya sehabis sholat Isya sampai jam 2 pagi. (Sanggar Setia Warga)

SEKRETARIAT TOPENG BETAWI SETIA WARGA
Jl. C. RT001 RW02 No. 15
Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati
Jakarta Timur
Tlp. 081297795068  (Wana H. Bokir) 














2 komentar:

  1. Encang encing nyak babe. Aye mo tanya llw manggil topeng/ lenong betawi kira2 berapa duit ya

    BalasHapus
  2. Sy ada rencana mo nanggap topeng/ lenong betawi

    BalasHapus